Mengenal Animasi 3D




Animation Upin Ipin
Apa sih Animasi itu??

Animasi dapat dikatakan menghidupkan sesuatu yang kita buat. Kalo kita fanatik, mungkin kita belajar menjadi tuhan, karena kita menghidupkan benda yang mati. Kita membuat beberapa gambar yang berkesinambungan kemudian disatukan sehingga menjadi sebuah gerakan.

Prinsip – perinsip animasi


Sebenarnya ada 28 prinsip animasi yang telah di sepakati oleh para ahli di seluruh dunia, tetapi Walt Disney mempersempit lagi menjadi 12 prinsip. Dan yang menjadi intinya ada 7 prinsip animasi yang benar –benar harus dikuasai oleh para animator, khususnya animator pemula.

7 prinsip animasi


sample Animation
1.       Staging ( Solid drawing )

Tempat kita untuk membuat gambar atau sebuah pose, baik dari tampilan depan,belakang,kiri ,kanan, dan semua nya. Agar terlihat didalamnya sebuah karakter yang kuat.
2.      
             Antisipasi ( ancang – ancang )
      Gerakan awalan sebelum melakukan gerakan utama. Misalkan kita hendak meloncat, tentu kita akan memperkuat tumpuan dulu ke bawah baru kita loncat ke atas. Itu diperlukan agar animasi lebih naturalis

3.       Follow Throught
      Gerakan yang tidak dimulai secara bersamaan. Maksudnya, misalkan saat kita akan menengok ke kanan tentu tidak seluruh badan kita langsung menengok ke kanan, pasti gerakan akan satu persatu menengok ke kanan, misal dari kaki kemudian pinggul, dada, baru kemudian kepala. Dengan begitu akan terlihat lebih alus.

4.       Overlapping

Gerakan yang tidak di akhiri secara bersamaan. Kebalikan dari Follow Throught, saat kita berhenti melakukan sesuatu tentu badan kita tidak akan berhenti secara bersamaan. Misalkan tadi kita telah mengengok kekanan. Sama saja kita akan berhenti secara bertahap dari kaki,paha, dada, dan kemudian kepala.
5.      
Ball Bouncing
           Slow in / Slow out ( Ease in, Ease out)

Lambat diawal , lambat pula diakhir. Seperti bola memanatul, saat bola di lempar ke udara lambat laun akan turun bukan, dan saat memnatul akan kembali ke atas. Seperti itulah
6.     
           Arcs ( Rotasi, kelengkungan)

Kelengkungan gerakan saat kita melakukan segala gerakan. Semua gerakan yang kita lakukan tidak pernah lurus, karena semua mengikuti porosnya yaitu poros tulang.
7.   
           Appeals ( daya tarik)

Dalam Appeals ini terdapat action dan ada acting. Action adalah gerakan yang dilakukan dan Acting adalah perasaan yang sedang di alami. Gerakan berjalan seseorang saat sedang gembira dengan yang sedang sedih tentu berbeda bukan



No comments:

Post a Comment

Pages